Gajah

Gajah adalah hewan darat terbesar di dunia. Gajah dapat berbobot lebih dari 7 ton dan setinggi 3,6 m saat berdiri. Gajah adalah hewan sosial yang hidup dalam kelompok keluarga besar dengan ikatan kukuh antara anggotanya. Sewaktu seekor gajah mati, kawanannya tampak berduka cita dan sering kali akan kembali mengunjungi tulang belulangnya lama setelah kematiannya. Gajah menggunakan berbagai pose tubuh dan suara untuk berkomunikasi.
Kulit gajah yang tebal melindunginya dari pemangsa. Jantan dewasa memang terlalu besar untuk dijatuhkan karnivora manapun, namun betina dan anak gajah sering kali diserang oleh singa. Jika pemangsa mengancam, anggota kawanan membentuk lingkaran untuk mempertahankan diri, dengan anak gajah berada di dalam lingkaran.
Belalai terbentuk dari hidung dan bibir atas gajah. Inilah salah satu tungkai paling fleksibel dan bertenaga di dunia hewan. Gajah dapat menggunakan belalainya untuk mengangkat apapun, mulai dari ranting sampai pohon tumbang. Gajah adalah herbivora, dan belalainya dapat menarik rumput atau menjatuhkan cabang pohon demi memperoleh makanan. Cuping hidung terletak di ujung belalai, dan dapat digunakan seperti snorkel pada perairan dalam. Belalai juga dapat digunakan untuk mengisap dan menyemprotkan air ke dalam mulut gajah.

Post a Comment