Pelikan

Pelikan adalah anggota terbesar dari kelompok burung air yang mencakup pecuk-padi, angsa batu, cikalang, dan pecuk-ular. Semua spesies ini memakan ikan dan merupakan perenang hebat. Mereka menangkap ikan dengan cara pengejaran bawah air berkecepatan tinggi atau ceburan menukik yang dramatik. Banyak burung dari kelompok ini hidup di laut, namun pecuk-padi dan pecuk-ular hidup di air tawar.
Pelikan adalah salah satu burung yang paling mudah dikenali karena memiliki paruh dan kaki yang besar. Paruh bawah pelikan memiliki lipatan kulit longgar yang bisa mengembang menjadi kantong besar. Sewaktu diseret melintasi air, kantong tersebut bekerja seperti jaring ikan. Ikan apapun di dekat permukaan akan terperangkap. Kantong ikan yang penuh dapat menampung lebih dari 13 kg air dan ikan. Pelikan sering kali berburu sebagai im. Mereka berenang berbaris untuk menggiring ikan menuju perairan dangkal sehingga tak dapat meloloskan diri.
Pelikan menghabiskan banyak waktu beristirahat di atas karang, tumpukan pasir, dan tempat bertengger lainnya. Tidak seperti pelikan lain, pelikan cokelat tidak makan di permukaan. Alih-alih, mereka menyelam langsung dari kondisi terbang untuk memakan ikan. Ketika melihat ikan, mereka terbang setinggi 10 m, kemudian melipat sayap dan menceburkan diri ke dalam laut.

Post a Comment